#EGSAFAIR2013

Senin, 03 Januari 2011

Kunjungan Studi Mahasiswa Geografi Lingkungan

Tanggal 26-28 Desember 2010,sebanyak 50 Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, melakukan kunjungan studi ke beberapa instansi untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan.Tempat-tempat kunjungan studi EGSA kali antara lain:
- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat
- National Geographic Indonesia (NGI)
- Museum Geologi
- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)
Penyambutan oleh BMKG di ruang Crisis Centre
Di BMKG (27/12) mahasiswa berkunjung ke Stasiun Geofisika, Taman Alat Stasiun Meteorologi 745, Laboratorium Kualitas Udara, Simulator Gempa Bumi, Ruang Operasional Meteorologi dan Ruang Operasional Geofisika di BMKG Pusat. Sebelum berkunjung, Mahasiswa berkumpul di Ruang Crisis Centre Gedung Operasional dibuka oleh staf Humas dan dibagi dalam dua kelompok.Mahasiswa dikenalkan mengenai cara-cara perolehan data untuk pemantauan kondisi meteorologi dan geofisika serta penggunaan sistem informasi.Pada hari yang sama kunjungan berlanjut ke Kantor Redaksi National Geographic Indonesia. Mahasiswa diberi suguhan yang bagus tentang jurnalistik yang kaitannya dengan geografi, peliputan, proses pembuatan majalah, hingga teknis pelaksanaannya.
Penjelasan di Ruang Operasional Meteorologi BMKG

Ruang Operasional Geofisika BMKG

Laboratorium Kualitas Udara BMKG

Penyambutan mahasiswa oleh redaksi NGI

Penerimaan materi dari redaksi NGI

Pada hari kedua (28/12), kunjungann dilanjutkan ke Museum Geologi dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Geologi (PVMBG). Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari sana baik dari segi informasi geologi maupun pelaksanaan kegiatan pemantauan gunungapi dan bencana geologi. Di PVMBG, rombongan mahasiswa ditemui langsung oleh Dr. Surono selaku Kepala PVMBG. Dr. Surono mengatakan "Peran geografi sangat penting terkait penanganan bencana karena geografi memiliki keunggulan spasial maka geografilah yang harusnya pertama dalam penentuan mitigasi bencana meliputi penentuan lokasi pengungsian paling aman, jalur evakuasi yang tepat, hingga tata ruang wilayah".
Kunjungan ke museum Geologi

Mahasiswa Geografi Lingungan dan Dr. Surono (kepala PVMBG)

Penjelasan tentang kondisi gunungapi dan bencana geologi di Indonesia oleh Pak Kristanto (Kepala sub vulkanologi bagian Indonesia Timur)

Kunjungan di PVMBG

3 komentar: