#EGSAFAIR2013

Senin, 26 September 2011

Hidrologi, Sungai dan Danau

Salah satu mata kuliah yang ada di jurusan Geografi dan Ilmu Lingkungan Fakultas Geografi UGM adalah Hidrologi, Sungai dan Danau (HSD) yang di dalamnya terdapat beberapa jenis pengukuran yang dilakukan berupa :
- pengukuran debit aliran
- pemetaan dasar danau
- pemetaan garis pantai (shore line)
- pengukuran kedalaman danau dan suhu danau
Pengukuran yang dilakukan menggunakan alat-alat berupa GPS-Echosounding untuk pengukur kedalaman danau, bathimetri (kontur dasar danau) dan suhu permukaan danau, Theodolith-0 untuk mengukur dan memperoleh data untuk pemetaan garis pantai (shore line), Current Meter dan EC-meter untuk mengukur debit aliran sungai besar dan kecil.



Dalam mata kuliah HSD tersebut juga disertai dengan mata kuliah praktikumnya, pada tahun 2011 ini praktikum lapangan HSD dillaksanakan di Embung (waduk) Tambak Boyo, Condong Catur, Yogyakarta. Embung ini meupakan embung buatan sehingga pantai (shore) nya kurang dapat mewakili kenampakan aslinya karena tidak seperti danau alami pada umumnya yang dapat terlihat jelas antara daerah pasang-surut daru suatu embung. Berikut disertai video gambaran bagaimana praktikum lapangan HSD ini berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar